HOOQ: Menikahkan Hiburan dengan Pembelajaran

Sebelumnya telah dibahas dalam artikel berjudul “HOOQ: Membuka Jendela Dunia Melalui Entertainment” bahwa HOOQ merupakan berita gembira bagi para pelajar bahasa Inggris abad ke-21. Dengan ribuan konten yang dapat di-streaming dan di-download melalui situs resmi HOOQ, pelajar bahasa Inggris dapat menaturalisasi dan menurturisasi (nurturing language) bahasa baru yang menjadi kebutuhannya. Sangat disayangkan jika kita harus melewatkan potensi ini. Melalui artikel berikut, penulis mencanangkan pemanfaatan HOOQ sebagai media pembelajaran bahasa asing; media yang menikahkan hiburan dengan pembelajaran.

Keseimbangan

Belajar belajar dibawah tekanan, menurut kacamata psikologis, sangat tidak dianjurkan. Kodisi mental jelas mempengaruhi kualitas pembelajaran seseorang. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Lantas, bagaimanakah suasana hati atau mood yang efektif untuk belajar? Tanpa tekanan. Ya, belajar tanpa tekanan. Sangat sulit bagi seseorang untuk menyerap informasi jika mental terbebani. Masalah yang lazimnya dihadapi pelajar berkutat diantara guru atau dosen yang killer hingga materi yang dirasa terlalu rumit.

Praktek pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia bisa dibilang cukup unik. Penguasaan tata bahasa atau grammar di institusi manapun di Indonesia selalu menjadi poin utama. Dampaknya, kecerdasan linguistik seseorang diukur dari kemampuannya memilih jawaban benar dari 4 opsi pilihan ganda. Dengan begitu, pembelajaran bahasa tidak jauh dari terminologi ‘benar’ atau ‘salah’. Faktanya, tujuan bahasa adalah untuk berkomunikasi. Sepanjang saya mengerti apa yang Anda ucapkan dan respon Anda bisa saya mengerti, maka tujuan komunikasi telah tercapai. Kedua, kebanyakan dari kita tidak begitu memusingkan tata bahasa Indonesia ketika berinteraksi secara verbal; demikian halnya dengan penutur asli bahasa Inggris yang tidak begitu memperhatikan grammar dalam berkomunikasi sehari-hari.

Pada dasarnya, tidak ada yang salah dengan metode tersebut. Poin yang perlu kita jaga hanyalah masalah balance atau keseimbangan antara pembelajaran tata bahasa dengan skill linguistik. Dalam hal ini, penulis menyarankan pemanfaatan HOOQ sebagai solusi untuk menyeimbangkan pembelajaran tata bahasa di lingkup pendidikan formal dengan penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi. Dalam kultur dan budaya Cina, hal ini dikenal dengan istilah Yin dan Yang. Selain itu, dengan metode ini, kita juga telah menyeimbangkan pemakaian otak kiri dan otak kanan, serta menyeimbangkan belajar dan hiburan.

Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving” -Albert Einstein-

Ya, keseimbangan itu sangat penting. Tanpa keseimbangan, hidup akan berjalan tanpa arah. Bukan begitu?!

SERSAN: Serius Tapi Santai

Kalimat tersebut yang berulang kali disebutkan oleh guru penulis ketika masih SD. “SERSAN: Serius Tapi Santai”. Maksudnya, belajar itu tidak perlu terlalu serius. Pakar hypnolearning juga mengisyaratkan hal ini dengan menyarankan kita untuk belajar pada kondisi otak alpha yang berarti belajar tanpa tekanan. Ingat, “SERSAN: Serius Tapi Santai”.

Dengan HOOQ, proses pembelajaran bahasa Inggris pembaca sekalian dijamin akan berada pada kondisi otak alpha sesuai saran dari buku-buku hypnolearning tadi. Selain itu, belajar dengan HOOQ juga turut melibatkan beberapa indera sekaligus. Berdasarkan teori, otak dapat lebih mudah menyerap informasi dan mengingatnya lebih lama jika banyak indera yang dilibatkan. Semakin banyak indera yang dilibatkan, semakin berkualitas pula hasilnya. Mengapa demikian? Karena HOOQ merangsang otak tidak hanya dengan suara yang melibatkan indera pendengaran semata, melainkan juga melibatkan indera penglihatan dan kinestetik (menyentuh perasaan).

Pengalaman HOOQ-ing

Jika kata benda (noun) Google telah berkembang menjadi gerund atau verb-ing yang berarti “Search for information about (someone or something) on the Internet using the search engine Google“, tidak ada salahnya jika penulis turut menyumbang satu kosa-kata baru; HOOQing, yang berarti “A method for learning English pronunciation and expression through film via HOOQ” (Mungkin ini bisa jadi judul skripsi pembaca sekalian. Hehehe…).

Penulis telah menonton beberapa film Hollywood yang disediakan HOOQ dan sejauh ini hasilnya cukup memuaskan. Berbeda jika hanya menontonnya melalui TV, jika melalui HOOQ, ekspresi atau ungkapan tertentu bisa didengarkan ulang sehingga terjadi proses repetisi atau pengulangan kembali.

Our greatest weakness lies in giving up. The most certain way to succeed is always to try just one more time” -Thomas Alfa Edison-

Repetisi itu penting. Tiger Woods, Rafael Nadal, Valentino Rossi, Cristiano Ronaldo, dan Lewis Hamilton adalah deretan orang-orang hebat dibidang berbeda, namun mereka memiliki satu kesamaan. Pembaca sekalian akan bosan melihat latihan mereka yang hanya itu-itu saja. Yang tidak kita sadari adalah, mereka melakukan repetisi lebih intens dibandingkan dengan orang lain yang sebidang dengan mereka. Penulis mempercayai bahwa repetisi adalah salah satu kunci kesuksesan mereka; bukan semata-mata karena innate talent atau bakat bawaan sejak lahir.

Seperti inilah praktek yang penulis sering lakukan. Setiap hari, penulis mengisi waktu luang dengan HOOQING; yakni menikahkan hiburan dengan pembelajaran secara serius tapi santai dengan repetisi. “Hooqing anytime and anywhere” seperti ketika mengantri di bank, saat menunggu dosen, atau jika sedang ingin mencari hiburan.

View post on imgur.com

Caranya yang tergolong praktis tentu menjadi alasan utama. Tidak berlebihan jika peribahasa “Ada udang dibalik batu” penulis ubah menjadi “Ada udang diatas piring”. HOOQ telah menyediakan sarana untuk kita semua; tinggal disantap saja. Hanya dengan membuka gadget atau laptop, connect ke internet, dua tiga pulau dapat terlampaui hanya dengan sekali mendayung. Belajarnya dapat, hiburannya dapat. Kira-kira seperti itulah dasar pemikiran penulis. Pembaca sekalian yang ingin menerapkan praktek yang sama, sangat dianjurkan untuk sesegera mungkin mengeksekusi tips praktis ini. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?! Akses HOOQ sekarang juga!

ARTIKEL TERKAIT