Menjalankan Bisnis Tak Melulu Harus Diluar Rumah

Bisnis, bagi sebagian besar orang, masih diasosiasikan dengan kesibukan diluar rumah. Melenggang dengan setelah jas lengkap dengan sepatu kulit mengkilap dengan menumpangi mobil sedan mewah nan kinclong. Paradigma tersebut dapat dikatakan sebagai paradigma konvensional yang salah satunya dipengaruhi oleh input dari sinetron dan telenovela. Sekarang, zaman sudah berubah drastis. Menjalankan bisnis tak melulu harus diluar rumah lagi.

Almarhum Bob Sadino, trilyuner sukses Indonesia, setidaknya pernah meng-iya-kan kebenaran judul tulisan ini baik secara implisit melalui gaya berpakaiannya yang lekat dengan celana jeans diatas lutut maupun secara eksplisit melalui ujarannya yang menggugah.

Di internet, dapat dengan mudah ditemui quote beliau yang lengket dengan jargon ‘goblok’ tersebut. Terasa menampar namun mengakar; tak cepat menguap seperti motivasi lainnya yang datar.

“Bisnis itu hanya bermodal dengkul; bahkan jika kamu tidak punya dengkul, pinjamlah dengkul orang lain” -Bob Sadino-

“Saya bisnis cari rugi; sehingga jikapun rugi, saya tetap semangat dan jika untung, saya bersyukur” -Bob Sadino-

“Orang pintar belajar keras untuk sebuah pekerjaan. Orang ‘goblok’ berjuang keras untuk membayar pelamar kerja” -Bob Sadino-

Selain itu, diisyaratkan pula dalam sebuah percakapan beliau dengan seorang penanya dalam seminar bisnis yang mengeluhkan dirinya tidak punya modal untuk bernisnis. Dalam percakapan tersebut ‘Om Bob’, sapaan akrab Bob Sadino, malah menanggapinya dengan ujaran “Kamu punya dengkul? Kamu mau dengkulmu saya beli Rp. 100 juta?” Penolakan penanya berujung pada kesimpulan bahwa dibalik perasaan ‘tidak punya modal’, masing-masing kita sebenarnya punya modal sebanyak Rp. 100 juta.

Tersirat makna yang sangat jelas bahwa meskipun kita tidak punya kantor sekalipun, bisnis tetap dapat dijalankan; meskipun itu dari rumah. Pertanyaannya sekarang adalah, “Apa?” dan “Bagaimana?”; “Bisnis apa?” dan “Bagaimana menjalankannya?”

Jelas tidak ada rumus paten untuk menjawab dua pertanyaan fundamental tersebut. Yang ada hanyalah peluang dan opsi yang salah satunya ditawarkan oleh ‘makhluk’ fenomenal bernama internet. Telah banyak yang menggantungkan hidupnya pada ‘makhluk’ fenomenal yang satu ini. Meskipun tak terlihat, potensinya bahkan melebihi lahan yang terjamah penglihatan. Internet benar-benar merupakan lahan hijau nan gembur yang butuh ‘penggarap’ kreatif dan konsisten.

APA?

e-commerce

Sudah jamak diketahui bahwa Indonesia saat ini sedang dilanda ‘demam belanja online‘. Ini jelas merupakan peluang besar bagi Anda yang memiliki produk, fisik maupun eletronik/virtual, untuk dipasarkan. Pangsa pasarnya sendiri sangat luar biasa dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Simak Tips dan Trik jitu Mengelola Bisnis dari Rumah ala Cyberhome

Gairah bisnis online sendiri dapat diukur dengan salah satunya melihat kurva peningkatan pengguna internet. Di awal tahun 2017, statistik menunjukkan jumlah pengguna internet di Indonesia naik sekitar 51% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di akhir 2016 sendiri, Menkominfo merilis data transaksi online di Indonesia mencapai Rp. 68 trilyun. Melihat kenaikan pengguna internet yang semasif itu, dan dengan membandingkan data transaksi online ditahun sebelumnya, jelas ada isyarat bahwa peluang masih terbuka lebar.

Baca juga: Keuntungan Menjalankan e-commerce ala Cyberhome

Menjamurnya toko online juga merupakan indikasi bahwa e-commerce di Indonesia masih segar bugar. Marak di media cetak dan eletronik diberitakan tentang hal ini. Andapun dapat menembus pasar nasional, bahkan internasional dengan ide kreatif Anda.

Tutor homeschooling

Anda yang bergerak dalam bidang pendidikan dapat mempertimbangkan moonwalking dengan membuka sekolah virtual; formal maupun semi-formal. Kebutuhan akan pendidikan di indonesia, bagi sebagian besar orang tua, jelas masih menjadi hal yang nomor satu. Di Indonesia sendiri, telah banyak orang tua yang memilih jalur homeschooling untuk anak-anak mereka. Anda yang update berita mungkin pernah mendengar berita tentang Fahri yang mengalami kelainan genetika. Untuk urusan pendidikan adik Fahri, Ridwan Kamil menyarankan orang tuanya memilih jalur homeschooling yang menurut sang Wali Kota setara dengan jalur formal. Jelas tidak mungkin sang Wali Kota memberi saran yang tidak layak, bukan beitu?! Ini membuktikan potensi homeschooling yang sangat menjanjikan untuk digarap.

Baca juga: Mendorong Ekonomi Digital dari Rumah Berkonsep Cyber ala Cyberhome

Selain jalur formal, Anda yang memiliki keahlian khusus juga dapat mempertimbangkan membuka sekolah virtual seperti sekolah blogging atau bahasa Inggris online. Penggiat bisnis dengan metode seperti ini masih belum penuh sesak lho! Peluang selalu terbuka lebar untuk Anda.

start-up

Start-up mungkin belum banyak dikenal masyarakat. Singkatnya, start-up masih bermain diranah yang serupa dengan e-commerce. Bahkan dapat dikatakan bahwa e-commerce merupakan salah satu bagian dari start-up itu sendiri.

Start-up merujuk kepada perusahaan atau bisnis yang masih mencari pangsa pasarnya dan biasanya beroperasi dalam dunia teknologi dan web. Dari sumber yang terpercaya, dijelaskan bahwa pangsa pasar start-up di Indonesia pada umumnya bermain di tiga ranah: yakni, e-commerce, game dan aplikasi edukatif. Jadi, mengiringi perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat, start-up menjelma dalam bentuk konten-konten kreatif yang jelas berpotensi menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Jika Anda adalah seorang developer web, game, atau penyedia jasa domain dan hosting website yang berencana membangun data center, Anda dapat mempertimbangkan untuk bermanuver dalam ranah ini dengan menyajikan konten-konten berkualitas dan edukatif serta layanan yang memuaskan untuk masyarakat Indonesia. Untuk itu, simak saran solutif Daeng Situju berikut ini.

BAGAIMANA?

Pertanyaan “APA?” saja jelas tidak memberikan apa-apa untuk kita. Di bagian ini, Daeng Situju mencoba menawarkan solusi jitu dan praktikal yang dapat segera Anda eksekusi. Terkait pertanyaan ini, Daeng Situju melihat adanya potensi besar yang ditawarkan Cyberhome. Patut dipertimbangkan! Penawaran yang masuk akal membuat Cyberhome layak diperhitungkan.

“Cyberhome hadir sebagai jawaban atas kebutuhan dalam mencari kualitas hidup yang lebih baik, lewat perumahan/rumah minimalis dengan konsep home smart sehingga membawa kenyamanan dan kemudahan hidup di sebuah lingkungan modern tanpa meninggalkan unsur-unsur baik dari alam.” –Dedi Yudiant, CEO Cyberhome-

Singkatnya, Cyberhome memfasilitasi hunian dengan kemudahan untuk akses teknologi terutama yang berbasis internet. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengelola bisnis dunia maya Anda, mulai dari e-commerce, homeschooling, hingga start-up meskipun dari rumah sekalipun. Selain mendapatkan hunian premium dan berkelas, fasilitas koneksi diatas rata-rata juga berhak Anda dapatkan. Disinilah titik temu antara apa yang panjang lebar dijelaskan pada beberapa paragraf pembuka diatas dengan inti tulisan ini; yakni, bagaimana trik jitu menjalankan dan mengelola bisnis dari hunian berbasis teknologi mutakhir. Perlu diingat bahwa kunci kesuksesan bisnis internet salah satunya tergantung pada infrastruktur yang memadai.

Dinahkodai oleh enterpreneur kawakan berotak kreatif sekaliber Dedi Yudiant (CEO Cyber Park Indonesia sejak 2004 hingga sekarang, penyandang gelar akademik ‘Master of Bussiness Administration‘ dari Newport university ) dengan segudang penglamaan, pengalaman, dan pengamalan beliau dalam dunia bisnis, Cyberhome hadir dengan gagasan unggul nan jitu yang akan memfasilitasi Anda dalam menjalankan bisnis dari rumah. Telah banyak testimoni positif yang dilayangkan atas service Cyberhome. Melewatkannya sama dengan membuang kesempatan emas.

Kata siapa tidak bisa bangun data center di rumah? Saya sudah buktikan. Di perumahan Cyberhome, kami bisa membangun data center mini, bahkan di ruang kamar tidur utama. Memang ini sangat tepat bagi para pebisnis online, para pengusaha start-up serta pengusaha yang menggunakan internet. Semua bisa diakomodasi Cyberhome. –Fanky Christian, Kepala Bidang TKJ Komite Penyelarasan TIK-

Dengan memiliki sebuah hunian berkelas, lengkap dengan infrastruktur yang memadai untuk urusan bisnis online, tentunya Anda dapat lebih fleksibel dalam bermanuver sehingga keluarga tetap dapat menikmati hangatnya kasih sayang Anda tanpa perlu khawatir urusan bisnis jadi berantakan. Ingat, Anda juga bertanggung-jawab dari sisi non-materi berupa perhatian dan kasih sayang kepada keluarga Anda. Jangan biarkan bisnis berbenturan dengan urusan akhirat. Di Cyberhome, Anda dapat menjalankan dua tanggung jawab besar tersebut secara paralel.

Fasilitas Kawasan Cyberhome

Fasilitas Kawasan Cyberhome (Sumber Gambar: http://cyberhome.web.id/property/fasilitas/)

Terkhusus untuk urusan bisnis yang bergantung pada koneksi internet, tidak tanggung-tanggung, Cyberhome menawarkan akses internet super cepat yang mencapai 100Mbps hingga 10Gbps. Dengan koneksi secepat itu, maka jelas infrastruktur berupa hunian yang nyaman dapat sekaligus dijadikan kantor sebagai pusat pengembangan usaha online Anda. Selain itu, penataan perumahan yang hijau dan asri, dengan panorama pemandangan Gunung Salak, dapat turut menunjang keberhasilan bisnis Anda dari sisi psikologis karena dapat menghadirkan perasaan positif bagi mental Anda. Ditambah lagi dengan kelengkapan sarana dan prasarana seperti pasar, swalayan, pertokoan, dan yang lebih penting, minim polusi udara serta bebas kemacetan. Sangat luar biasa bukan?!

Kompleks Hijau nan Asri – Bangun dan lejitkan bisnis Anda dari sini. (Sumber Gambar: http://cyberhome.web.id/property/)

Sebagai bahan pertimbangan, terdapat satu lagi nilai plus yang dapat Anda manfaatkan ketika Anda benar-benar hijrah ke ‘surga ditengah kota’ ini. Mengingat peruntukan kompleks ini adalah untuk para keluarga kreatif, bergabung disini berarti Anda akan bertetangga dengan keluarga-keluarga kreatif lainnya. Peluang sharing hingga kerjasama bisnis terbuka lebar untuk Anda. Dengan begitu, semakin dekatlah Anda pada gerbang menuju prosperity dan kematangan bisnis.

Untuk propertinya sendiri, Cyberhome saat ini menawarkan dua paket eksklusif; yakni tipe ‘Bandwidth‘ dan ‘Homepage‘. Anda yang berencana memiliki kantor ‘nyata’ dan ‘virtual’ dapat memilih tipe yang sesuai dengan budget dan perencanaan Anda. Tipe bandwidth dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, 2 ruang tamu yang masing-masing dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk bisnis dan family, dapur, dan garasi.

Cyberhome Bandwidth

Hunian Tipe Bandwidth – 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, 2 ruang tamu, dapur, dan garasi. (Sumber gambar: http://cyberhome.web.id/property/portfolio-item/bandwidth/)

Sementara untuk tipe homepage dilengkapi dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 2 ruang tamu, dapur, dan garasi.

Tipe homepage

Tipe Homepage dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 2 ruang tamu, dapur, dan garasi. (Sumber gambar: http://cyberhome.web.id/property/portfolio-item/homepage/)

Diterbitkan dalam kategori REVIEW

ARTIKEL TERKAIT

2 respon

  1. Sama seperti jika Anda berinvestasi ruko/toko dan memasang akses internet. Bedanya, Cyberhome menawarkan akses high-speed internet connection sehingga bisnis online dapat dijalankan dengan lebih mudah dan efisien. Selain itu, perumahan Tamansari juga menang di konstruksi bangunan dan kokoh, desain yang modern, sarana dan prasarana yang lengkap, keamanan yang terjamin, dan view yang tidak akan Anda dapatkan dari developer lain; salah satunya view Gunung Salak. Untuk lebih lengkapnya, cek di http://cyberhome.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 15 =