Perusahaan Sukses yang Dibangun Tanpa Business Plan

Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, perencanaan memang menentukan hasil akhir; apakah akan sukses ataukah akan berujung pada kegagalan. Perencanaan juga merupakan bukti komitmen yang merefleksikan seberapa kuat sang eksekutor bisnis akan menggarap bisnisnya. Namun, percaya atau tidak bahwa didunia ini, terdapat beberapa perusahaan beromset trilyunan rupiah yang pada awalnya dibangun tanpa bisniness plan?! Artikel berikut ini akan menyajikan daftar perusahaan yang pada awalnya dibangun tanpa business plan atau perencanaan bisnis.

Apple

Siapa yang tidak kenal dengan Apple. Perusahaan yang dalam perintisannya mencatatkan nama Wozniak dan Steve Jobs dalam kitab sejarahnya, perusahaan dengan segudang kesuksesan dengan produk-produk premium yang selalu sukses menjadi simbol superioritas dan kemewahan ini, ternyata pada awal sejarahnya berdiri dengan tanpa business plan.

Perusahaan yang pada tahun 2014 silam berhasil meraup keuntungan bersih hingga mencapai angka lebih dari US$182 Billion ini benar-benar fenomenal. Meskipun pada awalnya dibangun tanpa business plan, tentu ada faktor-X yang menyebabkan perusahaan ini sukses besar. Beberapa sumber membocorkan rahasia sukses Apple terletak pada faktor ‘inovasi’.

Keberhasilan Apple yang tercatat dibangun tanpa business plan ini memberikan pelajaran berharga kepada pengagumnya bahwasanya kesempurnaan dalam dunia bisnis itu mustahil. Kemampuan untuk belajar dan terus belajar adalah poin penting yang dapat wajib dimiliki oleh insan pebisnis untuk menutupi apa yang masih belum sempurna hingga akhirnya dapat mendekati titik sempurna.

(Baca Juga: Prinsip Amati, Tiru, Modifikasi)

Facebook

Pada awalnya, oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004, Facebook dirilis hanya untuk kepeningan komunikasi antar mahasiswa di kampus tempat Zuckerberg belajar (Harvard University) hingga pada akhirnya penggunaan Facebook sebagai media komunikasi dapat meluas dan ternyata diapresiasi positif bahkan oleh masyarakat diluar Harvard University. Facebook kemudian berubah konsep yang pada awalnya sebagai sarana komunikasi antara mahasiswa Harvard University menjadi media sosial yang mengglobal yang membernya tersebar hingga ke pelosok desa diseluruh belahan bumi.

Rencana tuhan yang unik dan penuh misteri terlihat jelas dari sejarah Facebook ini. Kenyataan sebagai realitas dari perencanaan manusia memang terkadang tidak selalu sesuai dengan konsep awal. Sepanjang ada komitmen yang kuat, inovasi, pola pikir kreatif, dan upaya yang maksimal dan sungguh-sungguh, benar bahwa gerbang kesuksesan akan terbuka.

Facebook, pada tahun 2014, kemudian merilis pendapatan bersihnya yang lebih dari US$12 Billion. Fantastis bin bombastis.

(Baca Juga: The Law of Attraction: Jaga Pikiran Anda!)

Google

Anda yang membaca artikel ini tentu sering dan bahkan telah akrab dengan layanan dari perusahaan yang bernama Google. Perusahaan yang pada tahun 2014 silam berhasil mencatatkan angka lebih dari US$65 Billion sebagai laba bersihnya ini juga pada awalnya dibangun dengan tanpa business plan.

Perusahaan yang dirintis oleh Sergey Brin dan Larry Page bermula ketika keduanya terlibat dalam proyek tugas akhir kuliah dimana sang founder dari Google berencana membuat mesin pencarian terkhusus untuk lingkup kampus tempat mereka menimba ilmu, tepatnya di Stanford University. Nama Google bahkan lahir dari kesalahan ejaan yang oleh founder-nya dicipta dengan nama Googol, kemudian berubah menjadi Google karena pengguna internet pada waktu itu selalu salah mengeja Googol dengan menulis Google.

Lagi-lagi, realita yang sedikit lari dari perencanaan terbukti dapat membuahkan hasil berupa kesuksesan. Jika Sergey Brin dan Larry Page pada waktu itu mengalami patah arang pada masa perintisan usaha atau bisnisnya, tentu saat ini kita tidak akan pernah menikmati layanan dari Google.

(Baca Juga: Belief sebagai Fondasi Perubahan)

Sebagai manusia pebelajar, sudah selayaknya kita terus memicu dan memacu diri menuju perubahan positif dengan menjadikan diri kita haus akan ilmu dan pengetahuan. Jika mereka yang namanya disebutkan diatas mampu melakukannya, maka tidak menutup kemungkinan Anda yang saat ini sedang membaca artikel Daeng Situju ini juga akan menyusul mereka dengan prestasi yang setara, bahkan jauh melebihi laba fantastis yang pernah ditorehkan dalam sejarah. Selamat berpikir dan berkreasi!

Artikel ini terinspirasi dari: http://www.retireat21.com/entrepreneurship/billion-dollars-without-plans

ARTIKEL TERKAIT